Info wisata indonesia

Mengenal Lebih Dekat Tentang Rapid Test Corona

Pemerintah berusaha untuk melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi virus yang sedang melanda di Indonesia maupun dunia yaitu virus Corona. Dimana salah satunya adalah mengajukan social distancing sehingga dapat mencegah penyebaran virus corona. Selain langkah tersebut, hal lainnya yang dilakukan adalah dengan mulai melakukan rapid test corona yang dilakukan di beberapa wilayah di Indonesia. Banyak orang sendiri yang belum mengetahui dan tidak tahu apa itu rapid test dan apa saja manfaatnya. Sehingga di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa hal mengenai rapid test untuk tes corona sendiri:

1. Apa itu rapid test
Hal pertama yang akan dijelaskan adalah mengenai apa itu rapid test. Dimana test ini merupakan metode skrining awal sehingga merupakan tes awal yang dilakukan untuk mendeteksi virus corona yang ada di tubuh. Tes ini akan dapat untuk mendeteksi antibodi yaitu IgG dan IgM yang dapat untuk diproduksi tubuh sehingga dapat untuk melawan virus Corona. Dua antibodi tersebut diperlukan untuk tubuh dapat melawan virus corona sehingga terhindar agar tidak terserang penyakit yang menular ini. Apabila ada dua antibodi tersebut maka dapat diketahui bahwa tubuh pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Rapid test ini sendiri merupakan pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring sehingga tidak langsung bisa mendeteksi virus Corona yang ada di dalam tubuh.

2. Prosedur rapid tes
Hal selanjutnya yang perlu diketahui mengenai rapid tes ini adalah mengenai prosedur yang akan dilakukan. Dimana untuk tes ini karena mendeteksi antibodi di dalam tubuh maka akan membutuhkan waktu berminggu-minggu. Karena pembentukan antibodi memerlukan waktu yang lama. Prosedur yang dapat dilakukan sendiri adalah dengan mengambil sampel darah yang bisa diambil dari ujung jari. Kemudian sampel darah tersebut akan diteteskan ke alat rapid test. Sehingga hal tersebut akan dapat mengetahui bahwa pernah ada antibodi yang melawan virus corona di dalam tubuh ketika cairan antibodi diteteskan di tempat yang sama. Untuk yang hasilnya sendiri akan dapat diketahui dalam waktu 10 hingga 15 menit setelah dilakukan tes tersebut.

3. Interpretasi hasil rapid test
Setelah melakukan tes tentu saja akan dua hasil kemungkinan yang diterima yaitu positif dan negatif. Untuk hasil positif sendiri merupakan tanda bahwa pernah terinfeksi virus corona sehingga ada antibodi yang telah disebutkan di atas yang akan melawan virus corona. Akan tetapi juga bagi yang mempunyai hasil tes negatif juga bisa terserang virus corona karena untuk membentuk antibodi yang melawan virus corona akan memerlukan waktu setidaknya berminggu-minggu. Oleh karena itulah biasanya harus mengulang rapid tes lagi 7 hingga 10 hari kemudian untuk mendapatkan hasil kedua yang dapat memastikan hasil pertama.

4. Orang yang melakukan rapid test
Pemeriksaan test ini sendiri tidak bisa dijalankan oleh semua orang karena adanya keterbatasan alat yang dimiliki. Oleh karena itulah bagi Anda yang sebenarnya dalam kondisi yang sehat maka sebaiknya menunggu untuk dapat melakukan tes ini karena ada prioritas yang diutamakan untuk melakukan rapid test sehingga juga akan mempunyai langkah pengobatan yang tepat.

Adapun untuk klasifikasi golongan yang bisa mendapatkan rapid test corona ini adalah sebagai berikut ini:

Kategori A adalah untuk masyarakat yang mempunyai resiko penularan paling tinggi seperti ODP dan PDP.
Kategori B adalah masyarakat yang bekerja di layanan kesehatan dan juga mempunyai profesi yang melakukan interaksi tinggi.
Kategori C adalah bagi mereka yang mempunyai gejala Covid-19.
Labels: Info Lainnya

Thanks for reading Mengenal Lebih Dekat Tentang Rapid Test Corona. Please share...!

Back To Top